Mainan Kayu Balsa Mengasah Kreatifitas Anak

Mainan murah dari kayu balsa mengasah anak kreatif. Dengan hanya Rp 5.000 Orang tua bisa membeli mainan edukatif bermutu untuk anaknya.
becak-sibalsa20
Kayu balsa adalah jenis kayu yang paling ringan dan lunak seperti busa. Mudah dipotong, dibentuk, dan dilem. Karena dari bahan alam maka sangat aman untuk anak daripada bahan sintetis lainnya. Balsa sebagai mainan alami secara tidak langsung mengenalkan anak lebih dekat kepada pohon, kayu, dan alam tempat mereka hidup. Inilah nilai lebih yang tidak bisa dikalahkan oleh mainan sintetis yang canggih dan mahal.
Kayu balsa memang masih belum familiar di Indonesia, walaupun di luar negeri termasuk jenis kayu yang difavoritkan setiap pelajar untuk membuat bermacam jenis mainan yang sangat kreatif. Lomba membuat miniatur jembatan (bridge contest) dari kayu balsa merupakan ajang bergengsi bagi pelajar sampai dengan mahasiswa. Membuat model pesawat, kapal boat, alat transportasi, bangunan dsb juga dilombakan, tidak hanya bentuknya saja tetapi pesawat tersebut harus memenuhi kaidah aeromodelling. Selain itu sudah banyak ide-ide kreatif lain yang diaplikasikan dengan kayu balsa tertutama di dunia advertising dan kerajinan tangan.
Kayu balsa yang dijual untuk hobi dan mainan bisa berbentuk (1) bahan mentah dengan bermacam ukuran, (2) bahan yang sudah di laser cutting atau sudah disetting ukurannya dan siap assembling, (3) dan produk mainan sudah jadi. Berikut penjelasannya
(1) Bahan mentah dengan bermacam ukuran,
Berupa balsa sheet/lembaran, balsa stick, balsa strip, dan balsa balok. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan Anda dan atau tersedia juga "balsa pack" yang terdiri dari bermacam bentuk dan ukuran dalam satu pack. 
balsa-wood-indonesia-stick    balsa-packbalsa-sheet-indonesia
Dengan bahan mentah tersebut anak dan orang tua bisa membuat bermacam mainan, model dan apapun sesuai kreatifitas. Dijamin Anda akan larut dalam eksplorasi kreatifitas bersama anak Anda. Alat yang dibutuhkan antara lain cutter/alat potong dan lem. Anda bisa membuat model yang sederhana sampai rumit tergantung sejauh mana Anda bisa berkreatifitas. Jangan lupa, produk model Anda tersebut juga sangat menjanjikan untuk dijual. Bukankah ini mengajarkan juga kreatifitas yang bernilai ekonomi kepada Anak. Mendidik anak sebagai enterpreneur cilik, calon-calon pengusaha di masa depan.
Berikut contoh hasil kreasi dari bahan mentah yang dibuat oleh pelajar SD dan SMP. 
  becak-sibalsa20  gerobak-sibalsa1  jembatan-balsa40 
kontener-balsa20    sepeda-mini-balsa  herley-sibalsa

(2) bahan yang sudah disetting ukuran dan bentuk sehingga siap dirakit. Biasanya menggunakan laser cutting. Bahan beserta petunjuk assembling sekaligus lem disertakan dalam satu pack sehingga lebih praktis. 
  balsa-wood-indonesia-edu-tower1    anak-rakit-balsa-edu2

(3) produk kayu balsa yang sudah jadi. Produk ini lebih cenderung untuk hobi seperti pesawat model, kapal, miniatur, dsb
  glider-shop

No comments:

Post a Comment